Rabu, 10 Juli 2013

RENCANA USAHA BUDIDAYA SENGON



RENCANA USAHA BUDIDAYA SENGON
Untuk Memenuhi : Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengajar : Ir. Setyo Indroprahasto, M.Si



DISUSUN OLEH:
GALIH INDRA PERMANA (20100212030)

FAKULTAS KEHUTANAN
INSTITUT PERTANIAN (INTAN) YOGYAKARTA
2013

l. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha

Kerusakan hutan yang sangat parah dengan laju yang mencapai 1,8 juta hektar pertahun (data Dep Hut), menyebabkan hutan alam tidak mampu lagi menjadi pemasok kayu utama untuk bahan industri, padahal kebutuhan kayu tiap tahunnya sangat tinggi. Kerusakan hutan mengakibatkan efek berantai, mulai dari kerusakan ekosistem, punahnya flora dan fauna, serta munculnya berbagai bencana alam yang justru merugikan manusia, untuk itu dibutuhkan solusi yang dapat mengatasi kerusakan hutan yang terus menerus sekaligus dapat mencukupi kebutuhan perkayuaan. Keputusan Perhutani menjadi lembaga stabilisator harga kayu tidak melulu karena bisnis. Ada alasan strategis dan tanggung jawab Perhutani sebagai pengelola hutan jawa untuk menjaga daya dukung lingkungan di pulau yang terdapat di Indonesia ini. Luas lahan hutan yang dikelola Perhutani hanya sekitar 19%. Padahal, tutupan vegetasi hutan yang ideal untuk daya dukung lingkungan optimal adalah 30% dari luas daratan. Di sinilah hutan rakyat memegang peranan penting untuk memenuhi kebutuhan tutupan vegetasi hutan.
Pada awalnya sengon hanyalah pohon biasa yang tumbuh secara bebas di kebun-kebun rakyat yang penanamannya belum memperhatikan kaidah-kaidah pembudidayaan tanaman. Saat itu masyarakat mengenal sengon taklebih dari sekedar pohon yang kayunya dapat dijadikan kayu bakar, daunnya untuk pakan ternak, dan pohonnya dapat dijadikan peneduh di perkebunan-perkebunan teh, kopi atau vanili. Dengan adanya perkembangan dalam bidang perkayuan yang sangat pesat dan semakin menipisnya ketersediaan kayu, saat ini sengon (paraserianthes falcataria) merupakan jenis pohon yang cukup potensial untuk dikembangkan dalam dunia perkayuaan, dikarenakan pertumbuhannya cepat, masa tebang lebih pendek, budidayanya lebih mudah, dapat ditanam diberbagai kondisi tanah, kayunya cenderung lebih lurus, produktivitasnya tinggi serta memiliki banyak manfaat dalam segi lingkungan.

B. PERUMUSAN MASALAH
Desa gunungsari, kecamatan Tlogowungu, kabupaten Pati, Provinsi Jawa tengah, merupakan desa yang sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani. Kebanyakan para petani melakukan budidaya tanaman palawija yang hasilnya tidak dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya, padahal didaerah tersebut memiliki potensi lahan yang cocok sekali untuk ditanami tanaman kayu, terutama tanaman sengon. Karena kuranya sosialisasi dari pemerintah dan keterbatasan SDM yang dimiliki masyarakat desa tersebut, sehingga potensi yang seharusnya bisa dikembangkan tidak dapat dilakukan.

C. Tujuan Usaha Budidaya Sengon
Adapun tujuan yang ingin di capai dalam usaha ini adalah:
1. Menumbuhkan minat petani untuk gemar menanam pohon.
2. Membatu petani dalam mengoptimalkan lahan milik/ pekarangan/ kebun yang tidak produktif menjadi bernilai ekonomi, serta ramah lingkungan.
3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tanggap terhadap lingkungan.
4. Membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
5. Menciptakan usaha untuk meningkatkan perekonomiaan.
6. Mengikuti program pemerintah untuk dapat meningkatkan produksi hasil hutan berupa kayu khususnya di daerah Pati.
7. Membantu menghambat pemanasan global yang saat ini kita rasakan.
8. Menyelamatkan lingkungan.

D. Alasan Usaha Budidaya Sengon
Di daerah Pati memiliki lahan yang cocok sekali untuk ditanami sengon. Lokasi relatif datar dengan kemiringan maksimum 25%, dan ketinggian tempat antara 10-800m dpl, dengan curah hujan tahunan rata-rata 2.000-4.000 mm.Lapisan solum tanah cukup tebal.Sengon memiliki prospek menjanjikan untuk dibudidayakan baik sekala kecil maupun besar. Hal itu di dukung oleh faktor-faktor berikut:
1. Cepat Panen
Tidak seperti bisnis kayu keras lainnya, bisnis sengon itu cepat panen. Ini artinya cepat mendatangkan keuntungan. Hanya perlu waktu lima atau enam tahun untuk bisa memanen. Bahkan, menikmati bisnis sengon bisa dimulai pada tahun ketiga (penjarangan tahap pertama, saat itu kita memanen 10% dari pohon tertananam) dan tahun keempat (penjarangan tahap kedua di mana kita memanen sebanyak 10%).

2. Investasi Murah
Siapapun bisa memasuki bisnis sengon. Ini disebabkan karena investasinya murah. Per hektare membutuhkan total nilai investasi sampai panenhanya Rp 90.000.000,-
3. Mudah Pemeliharaan
Memelihara sengon itu gampang. Masyarakat Desa yang sudah turun temurun menanam sengon secara tradisional, biasanya hanya memelihara sampai setinggi 2 meter, yang penting sudah tidak dijangkau oleh kambing (Kambing adalah musuh utama sengon pada tahun pertama), setelah itu benar-benar ditinggal dan lima tahun kemudian bisa panen. kenapa ini bisa terjadi? karena Sengon pada hakekatnya mudah memeliharanya. Pola pemeliharaan tradisional seperti ini tentu hasilnya tidak optimal, biasanya lima tahun hanya mendapapat diameter 15 Cm.
Sengon bisa hidup dijenis tanah apa saja, kecuali tanah berlumpur. Sengon juga tidak membutuhkan air banyak. Cukup ketika menanam pas di musim hujan (biasanya Desember - Februari plus tiga minggu terakhir bulan April). Asal kena hujan minimal tiga kali dalam seminggu setelah ditanam Sengon bisa hidup normal.
4. Daya Hidup Tinggi
Sengon juga mempunyai karakteristik unik; Mempunyai Daya Hidup Tinggi. Menanam sengon tidak perlu risau, tidak perlu perlakuan khusus. Misalnya ketika dalam proses pengangkutan bibit ke lokasi tanam ada yang patah batang, Sengon masih bisa ditanam karena dalam waktu singkat bisa tumbuh trubus baru.
Kenapa Sengon punya daya hidup tinggi? Ini sangat terkait dengan kultur perakaran Sengon yang menghunjam ke dalam dan melebar ke samping. Bahkan antara besaran batang dan besaran akar hampir seimbang. Artinya kalau diameter batang 10 Cm, maka diameter akar juga hampir 10 Cm. Daya jangkau akar yang luas dan mendalam inilah yang menyebabkan Sengon mempunyai daya hidup yang tinggi, karena mempunyai jangkauan yang luas untuk menyerap makanan dari dalam tanah.
5. Penyakit Ganas tapi Mudah Ditanggulangi
Dari sekitar 12 jenis penyakit Sengon, hanya dua yang perlu diwaspadai; Karat Puru (kankernya Sengon) dan ulat Penggerek (Uter).
6. Tingginya Permintaan Pasar
Permintaan pasar terhadap kayu sengon cukup tinggi dan masih belum terpenuhi, sehingga peluang pasar masih terbuka lebar.
7. Secara Bisnis Sangat Menguntungkan
Per ha, dengan jarak tanam 1X3 (3.300 pohon per ha), kita panen tahun ke 6 sebesar 70% dari pohon tertanam, diameter batang antara 25-30 Cm ke atas dan harga jual Rp500 ribu per m3, maka keuntungan bersih per ha Rp 576.959.800,-. Di mana total investasi hanya Rp 90.000.000,- . Jadi keuntungan Sengon itu berlipat-lipat.
8. Penyelamat Lingkungan
Alasan ini yang penting; Menyuburkan dan menghijaukan Bumi. Menanam sengon itu bisa makin menyuburkan tanah, menjaga sumber-sumber air dan tentu menghijaukan bumi.
9. Lahan masih luas
Lahan untuk berbudidaya sengon masih tersedia luas, baik mengoptimalkan lahan milik/pekarangan/kebun yang tidak produktif menjadi bernilai ekonomi serta ramah lingkungan.

E. Volume Pasar
PT SGS sebagai penguasa pasar Sengon di Indonesia memprediksi bahwa dalam 5-10 tahun yang akan datang kebutuhan Sengon akan naik 10 kali lipat. Setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan ini terjadi;
Pertama, pada 5 tahun mendatang, negara tujuan ekspor seperti Amerika, Eropa dan Jepang hanya mau menerima kayu hasil budidaya bukan kayu hasil hutan. Inilah yang menyebabkan Sengon, sebagai salah satu kayu hasil budidaya akan mengambil posisi penting dalam percaturan pasar ekspor dunia.

Kedua, ada 12 perusahaan besar di Indonesia yang fokus di Sengon, dan mereka tiap tahun menaikkan kapasitas produksi sampai 20% dalam kondisi pasokan bahan baku masih kurang. Kebijakan inilah yang terus memicu antara kebutuhan dan pasokan Sengon tidak akan pernah seimbang.

Ketiga, masa panen yang lima tahun. Meski Sengon dikenal sebagai tanaman keras yang masa panennya paling cepat, tapi tetap saja menyebabkan pasokan Sengon di pasar dalam dan luar negeri terus kekurangan. Ini terjadi karena kebutuhan pabrik menyerap sengon per bulan 1,2 juta m3 baru terpenuhi 50% saja. Jadi intinya, kebutuhan tiap hari terus saja terjadi, sementara panennya tiap lima tahun sekali.

Keempat, beberapa perusahaan besar seperti SGS kini telah memodifikasi mesin-mesinnya agar bisa menyerap kebutuhan Sengon lebih besar. Sebelumnya, bentuk kayu yang harus menyesuaikan mesin. Kini setelah ada modifikasi, bentuk mesin yang menyesuaikan kayu Sengon. Efek dari kebijakan ini adalah SGS kini bisa menerima kayu Sengon pada diameter 8 Cm, sebelumnya hanya minimal 13-15 Cm.

Kelima, fungsi bahan substitusi yang terus naik prosentasenya. Semisal adalah bahan baku tripleks. Sebelumnya komponen tripleks dari bahan Sengon hanya 60% saja, sekarang Tripleks sudah 100% dari bahan baku Sengon. Efek dari itu semua, harga kubikasi Sengon pun terus merangkak naik.


II. GAMBARAN UMUM USAHA
A. Latar belakang perusahaan
 Nama Perusahaan
Usaha ini nantinya akan di beri nama GARIFU SENGON.
 Perijinan
Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P. 31/Menhut-II/2005 telah ditetapkan ketentuan tentang pelepasan kawasan hutan dalam rangka pengembangan usaha budidaya perkebunan.
 Struktur Organisasi Perusahaan
Pimpinan (saya sendiri)


Karyawan (masyarakat sekitar lahan)

 Upah Tenaga Kerja
Pemberian upah tenaga kerja akan diberikan dengan sitem harian. Tenaga kerja akan diberikan upah sebesar Rp.25.000/hari.
 Jumlah tenaga kerja
Dalam luasan 1 ha, saya membutuhkan 10 orang tenaga kerja.







B. Financial
Modal
Untuk menjalankan usaha ini diperlukan modal untuk biaya produksi sebesar Rp.90.000.000,-. Modal yang digunakan adalah modal saya pribadi.

Harga Jual
Jumlah tanaman per hektar lahan adalah berkisar 3.300 batang dan prediksi susut sebesar 10% atau sejumlah 330 batang. Maka setiap Ha lahan akan menghasilkan kayu yang dapat dipanen sebanyak 2.970 batang. Harga jual yang saya rencanakan adalah sebesar Rp.500.000,-/m3
















lIl. PROSES USAHA

A. Lokasi Usaha
Usaha budidaya sengon ini berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, kabupaten Pati, Provinsi Jawa tengah. Alasan memilih lokasi tersebut karena biaya tenaga kerja lebih murah, lokasi strategis dan lahannya cocok sekali ditanami sengon.
Layout Fasilitas Fisik










Keterangan :
A : Jalan
B : Gudang
C, D, E : Lahan

B. Sarana dan Prasarana Produksi

Bahan
 Bibit sengon
 Pupuk kandang/organik.
 Pupuk kimia
 Obat-obatan



Sarana dan Prasarana Produksi
 Lahan
 Sabit
 Cangkul
 Golok
 Ajir
 Sprayer 14 lt


C. Proses Produksi

1. Persiapan Lahan
Penyiapan lahan pada prinsipnya membebaskan lahan dari tumbuhan pengganggu atau komponen lain dengan maksud untuk memberikan ruang tumbuh kepada tanaman yang akan dibudidayakan. Cara pelaksanaan penyiapan lahan digolongkan menjadi 3 cara, yaitu cara mekanik, semi mekanik dan manual. Jenis kegiatannya terbagi menjadi dua tahap ;

Pembersihan lahan, yaitu berupa kegiatan penebasan terhadap semak belukar dan padangrumput. Selanjutnya ditumpuk pada tempat tertentu agar tidak mengganggu ruang tumbuh tanaman.

Pengolahan tanah, dimaksudkan untuk memperbaiki struktur tanah dengan cara mencanggkul atau membajak (sesuai dengan kebutuhan).

2. Penanaman
a. Persiapan Tanam
Penanaman sengon diawali dengan pengaturan jarak tanam dan pembuatan lubang tanam. Jarak tanam misalnya ditentukan 3x1 meter, dan ditandai dengan pemasangan ajir dari bambu. Pada tempat inilah hendak di buat lubang tanam. Adapun ukuran tiap lubang adalah panjang 30cm, lebar 30 cm, dan dalamnya 30 cm.
Ketika membuat lubang, tanah cangkulan bagian atas(20-25 cm) dan bagian bawah(5-10 cm)di pisahkan. Pada tanah-tanah cangkulan tersebut diberikan pupuk kandang. Pemberian pupuk kandang di lakukan satu bulan sebelum tanam, dan kebutuhannya 20 t0n/hektar. Dua minggu sebelum masa tanam, tanah bekas cangkulan dimasukan kembali kedalam lubang seperti sediakala. Tanah cangkulan bagian bawah dikembalikan ke bagian bawah, dan tanah cangkulan bagian atas juga dikembalikan kebagian atas
b. Cara Tanam
Sengon sebaiknya ditanam pada awal musim penghujan, atau pada bulan november-desember, karna bibit tanaman ini cukup peka terhadap kekeringan. Namu boleh saja bibit sengon ditanam diluar musim penghujan. Dalam hal ini, tentu saja membutuhkan penyiraman pagi dan sore.
Sedangkan cara tanamnya adalah sebagai berikut: tanah pada lubang tanam tadi di gali kembali sesuai kebutuhan besarnya bibit sengon. Lalu, kantong plasik bibit sengon disobek dan dibuang. Masukan bibit sengon beserta tanahnya kedalam lubang tanam, lantas tanah bekas galian ditimbunkan dan dipadatkan.

3. Pemeliharaan
Sesudah bibit sengon ditanam, tidak berarti seluruh pekerjaan selesai. Dalam kenyataan, sering kali pengusahaan sengon tidak memperhatikan segi pemeliharaannya. Akibatnya sudah dapat diduga, yakni produksi kayu sengon yang didapatkan pastilah dibawah rata-rata.
Untuk memperoleh produksi dan mutu kayu sengon yang sesuai dengan harapan kita, tindakan pemeliharaan tidak boleh dilupakan. Tidak jauh berbeda dengan manusia, yang sejak bayi perlu dirawat secara baik, demikian pula tanaman pada umumnya – termasuk sengon – mutlak membutuhkan pemeliharaan. Pemeliharaan tanaman sengon meliputi: penyulaman, penyiangan, pemupukan, penjarangan, serta pengendalian hama dan penyakit.
a. Penyulaman
Sekitar 2-3 minggu setelah tanam, hendaknya diadakan pemeriksaan ke kebun sengon. Bila ditemukan pertumbuhan sengon yang layu, atau malah sudah mati, secepatnya dilakukan penyulaman. Agar pertumbuhan bibit sulaman itu tidak jauh tertinggal dengan tanaman lain, sebaiknya dipilih bibit yang baik disertai pemeliharaan yang intensif. Penyulaman ini berguna untuk mengetahui jumlah tanaman yang sesungguhnya, dan nantinya digunakan untuk memprediksi produk sengon yang dihasilkan.
b. Penyiangan
Gulma yang tumbuh liar di sekeliling tanaman sengon hendaknya dibersihkan, agar kemampuan kerja akar dalam menyerap unsur-unsur hara dapat berjalan secara optimal. Disamping itu, tindakan penyiangan juga dimaksudkan untuk mencegah datangnya hama dan penyakit yang biasanya menjadikan rumput atau gulma lain sebagai sebagai tempat persembunyian, sekaligus untuk memutus daur hidupnya.
Pada tahun-tahun permulaan sejak penanaman, tindakan penyiangan merupakan hal yang amat penting untuk dilakukan, agar pertumbuhan tanaman sengon tidak kerdil atau terhambat. Penyiangan selanjutnya dilakukan pada awal maupun akhir musim penghujan, karena pada waktu itu banyak gulma yang tumbuh.
c. Pemupukan
Untuk mendapatkan produksi kayu sengon yang sesuai dengan harapan kita, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan jasa pemupukan. Selain pupuk kandang yang telah diberikan pada saat pembuatan lubang tanam, juga disusul dengan penggunaan pupuk anorganik. Pada umur 3-4 bulan sejak tanam, diberikan pupuk sebanyak 40 kg urea, 80 kg ZA, 120 kg TSP, dan 160 kg KCl. Kemudian, dengan dosis yang sama diulangi lagi pada awal tahun kedua. Caranya pupuk tersebut dimasukkan ke dalam tanah, melingkari tanaman sengon, berjarak 10-15 cm.

d. Penjarangan
Tujuan penjarangan adalah untuk memberikan kesempatan tumbuh lebih leluasa bagi tanaman sengon yang tinggal. Biasanya penjarangan dilakukan pada saat tanaman berumur 3 tahun, karena tajuknya sudah merapat. Penjarangan ini dapat menghasilkan tambahan pendapatan, karena batang sengon sudah mencapai diameter sekitar 10-15 cm, sehingga dapat digunakan bahan baku pembuatan kertas.
Cara penjarangan, pohon-pohon sengon ditebang menurut sistem “untu walang” (gigi belalang) yakni:dengan menebang selang satu pohon pada tiap barisan dan lajur penanaman.
e. Pengendalian Hama dan Penyakit
Dari sekitar 12 jenis penyakit sengon, hanya dua yang perlu diwaspadai; karat puru (kankernya sengon) dan ulat penggerek (uter). penyakit dan hama lainnya seperti kambing, serbuan ribuan ulat, jamur nyaris lebih mudah ditanggulangi. bahkan serbuan ribuan ulat yang sampai menghabiskan daun sampai 100% juga tidak perlu dirisaukan. penyakit tahunan ini bahkan menjadi hiburan tersendiri karena ketika serangan itu terjadi, kita seperti mendengar musik alam yang serempak "krak..krak..krak..." sangkin banyaknya ulat memakan daun dalam waktu bersamaan.
Kita bahas dulu hama uter (ulat penggerek). jenis ulat ini mulai memakan batang sejak umur 0 tahun. biasanya mereka masuk ke batang, kemudian memangsa habis bagian tengah sebagai inti sel penyalur makanan dari akar. akibatnya pohon mengalami layu batang pada daun bagian atas, akibat suplai makanan terhenti. tapi saat menyerang batang berumur 3-5 tahun menyebabkan batang berlubang tapi tidak sampai menyebabkan kematian. hanya menyebabkan harga jual berkurang rp200 ribu per m3. Hama ini mudah sekali diketahui gejalanya. kalau pohon tiba-tiba layu dan ada lubang kecil di batangnya, itu tanda sengon terserang uter. nah, kalau lihat gejalanya segera lakukan pencegahan, caranya kupas kulit batang sengon dari atas sampai bawah, laiknya orang telanjang. cara ini terbukti bisa mencegah uter sampai 98%. menelanjangi pohon menyebabkan inti batang menjadi panas. dan akan menyebabkan uter mati secara per lahan. dan lobang batang akan tertutup kembali.
Uter juga bisa dicegah dengan cara dikorek pada lubang yang terkena hama sampai ketemu ulatnya (biasnya berwarna coklat) kemudian disemprot dengan insektisida. uter biasanya menyerang hanya 10% saja dari sengon tertanam. jadi mudah dilokalisir dan segera dicegah.
Bagaimana dengan karat puru? di jawa timur hanya dalam enam bulan sebesar 120 ribu hektare kebun sengon mati. dan penyakit ganas ini sudah mewabah secara hebat ke jawa tengah, jawa barat, dan bali. sebaran penyakit ini selalu muncul di mana sentra sengon berkembang. dan sebaran ini di bawa oleh angin, kayu panenan atau bibit dari daerah yang sudah terserang. Tapi mari kita lihat bagaimana masyarakat ciamis menanggulangi karat puru dengan cara mereka. hanya dengan larutan yang sangat sederhana, penyakit ini bisa dibasmi sampai 92%. Meski ganas, karat puru juga mudah diketahui gejalanya. muncul bintil-bintil hitam di daun. lalu apa yang pekebun ciamis lakukan? begitu muncul bintil-bintil pada daun, daun kemudian dipangkas dan dikubur (jangan dibakar). setelah itu daun disemprot dan batang dicat dengan campuran tiga jenis zat, yaitu kapur (1 kg), garam (0,1 kg) dan air (10 liter untuk semprot daun dan 5 liter untuk labur batang). lakukan dua minggu sekali. dengan cara ini karat puru bisa dicegah secara sempurna.
f. Strategi Untuk Memperkecil Tingkat Kematian Di Lapangan
Saya memiliki strategi untuk memperkecil tingkat kematian pohon sengon di lapangan dengan cara memberi kebebasan kepada para pekerja untuk mengolah tanah, disela-sela tanaman pokok(sengon) dengan tanaman tumpangsari, pada jarak tanam yang 3 m. Tapi dengan catatan, disamping para pekerja memelihara tanaman tumpangsarinya, juga sekaligus menjaga tanaman pokok(sengon), yaitu dengan melakukan pengawasan rutin, kalau misalnya ada pohon sengon yang terserang hama, penyakit atau bahkan mati, bisa langsung segera ditangani. Dalam pemilihan jenis tanaman tumpang sari, kita juga harus benar-benar memperhatikan jenis tanaman tumpangsari yang ditanam, jangan sampai tanaman tumpangsari tersebut mengganggu pertumbuhan tanaman pokok(sengon). Jenis - jenis tanaman tumpangsari yang tidak boleh ditanam pada sela-sela budidaya sengon, yaitu jenis tanaman yang rakus sama unsur hara.

D. Produksi
Produksi kayu sengon selain dipengaruhi oleh teknologi pembudidayaannya, juga umur tanaman itu sendiri. Semakin tua sengon semakin besar diameter kayunya, dan karna itu Produksinya juga semakin tinggi. Besarnya diameter kayu yang hendak ditebang hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Jika kayu sengon hendak dijadikan bahan industri kayu lapis, tentu membutuhkan diameter lebih besar dibandingkan untuk kotak kas, dan sebagainya.
Sebaiknya prihal menebang pohon sengon kita memperhatikan juga pelestarian kemampuan lingkungan. Artinya sebelum dilakukan penebangan sudah kita siapkan bibit-bibit sengon yang baru.
E. Rencana Pemasaran
1. Pemasaran
Pemasaran kayu sengon relatif lebih mudah, karena kayu sengon merupakan jenis kayu yang tingkat konsumsinya tinggi.Industri-industri yang menyerap kayu sengon diantara lain ;kayu lapis, industri mainan anak, industri mebel, industri korek api, industri pulp, industri alas sepatu, industri bahan bangunan, industri desain interior, industri seni arsitektur, industri kertas, industri konstruksi dan non konstruksi.Pemasaran sengon di beberapa wilayah biasanya dilakukan oleh tengkulak atau langsung dijual ke pabrik pemotongan kayu (sawmill). Harga pasar kayu sangat beragam dan berbeda antara daerah satu dengan lainnya. Saat ini asumsi harga kayu sengon Rp. 500.000/m3.


2. Target Penjualan
Dalam usaha budidaya sengon saya mencoba menargetkan penjualan 100% dari penyediaan bahan baku, rencananya akan saya jual kepada tengkulak atau salah satu depo kayu sengon di Pati, yang siap menerima kapasitas kayu sengon berapapun jumlahnya.










IV. ANALISA (SWOT)
Faktor Internal
Kekuatan Memiliki pengetahuan yang dibutuhkan serta sudah berpengalaman.
Kelemahan Membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengontrol dan mengawasi jalannya usaha.

Faktor Eksternal
Peluang  Lahan pertanian yang masih cukup luas
 Peluang pasar masih terbuka lebar
 Sedikitnya pesaing
Ancaman  Kurangnya perhatian pemerintah terhadap para petani
 Iklim yang tidak menentu

Rencanajangka pendek : Memperluas lahan produksi budidaya sengon
Rencana jangka menengah : Melakukan perkembangan inovasi yang lain, contoh : melakukan sistem tumpang sari budidaya tanaman empon-empon dibawah tegakan sengon.
Rencana jangka panjang : Dapat mengolah hasil produksi kayu sengon bulat menjadi kayu gergajian atau kayu lapis.







V. ANALISA KELAYAKAN USAHA
CASH FLOW USAHA BUDIDAYA SENGON SELAMA SATU TAHUN
NO URAIAN HARGA TAHUN KE-1
Rp. UNIT JUMLAH
A. MODAL (Modal Pribadi) 90.000.000
B. BIAYA 41.651.000
B.1 Biaya Langsung 39.051.000
B.1.1 Biaya Sarana Produksi 16.251.000
1. Sewa Tanah 4.000.000/th 1Ha 4.000.000
2. Cangkul 50.000 10 500.000
3. Sabit 15.000 10 150.000
4. Golok 30.000 10 300.000
5.Sprayer 14 lt 400.000 1 400.000
5. Transportasi 2.500.000
6. Bibit Sengon 1.000 3.300 3.300.000
7. Ajir 500 3.300 1.650.000
8. Pupuk
Pupuk Kandang 100.000 30 3.000.000
Urea 2.000/kg 40 40.000
TSP 2.100/kg 120 126.000
ZA 1.500/KG 80 60.000
9. Obat-obatan 225.000
Insektisida 50.000 3
Fungisida 15.000 5

B.1.2 Biaya Tenaga Kerja 22.800.000
1. Persiapan Lahan 25.000 15 HOK 3.750.000
2. Gaji Manager 900.000 6thn 10.800.000
3. Pembuatan Lubang 25.000 4 HOK 1.000.000
4. Penanaman 25.000 7 HOK 1.750.000
5. Penyulaman 25.000 2 HOK 500.000
6. Penyiangan 25.000 10 HOK 2.500.000
7. Pemupukan 25.000 8 HOK 2.000.000
8. Pengendalian 25.000 2 HOK 500.000

B.2 Biaya Tidak Langsung 2.600.000
1. Biaya Penyusutan 600.000/thn 1 Ha 600.000
3. Biaya Overhead 5 % 2.000.000

Proyeksi PendapatanJika Modal Di Dapat Dari Modal Pribadi

Harga Jual kayu =Rp.500.000,-/m3
a. Penjarangan tahap I (umur 3 tahun)
Diameter 15 Cm atau untuk mencapai 1m3 perlu 4 pohon
Dipanen 330 pohon (10% dari pohon tertanam)
330 : 4 X 300.000 Rp 24.600.000
b. Penjarangan tahap II (umur 4 tahun)
Diameter 20 Cm atau untuk mencapai 1m3 perlu 3 pohon
Dipanen 330 pohon (10% dari pohon tertanam)
330 : 3 X 400.000 Rp 44.000.000
c. Panen Keseluruhan (umur 6 tahun)
Diameter 30 Cm atau untuk mencapai 1m3 perlu 2 pohon
Dipanen 2.310 pohon (70% dari pohon tertanam)
2.310 : 2 X 500.000 Rp 577.500.000



 Proyeksi Keuntungan
Keuntungan=Pendapatan – Total Pengeluaran
=Rp 646.100.000,-. – Rp 69.500.200,-
=Rp576.599.800,-



 Break Event Point (BEP)
• BEP Harga Produksi = Total Biaya Produksi
Jumlah kayu yang dijual(m3)
=Rp 92.840.200,-
1.247,5 m3
=Rp 74.400,-/m3
Titik impas harga produksi diperoleh bila harga jual sengon Rp 74.400,-/m3 dengan harga jual pohon sengon Rp.500.000,-/m3, maka titik impas tercapai. Artinya usaha penjualan usah budidaya sengon menguntungkan.

BEP Volume Produksi =Total Biaya Produksi
Harga Jual kayu Sengon
= Rp 92.840.200,-
Rp 500.000,-/m3
= 185,680 m3
Titik impas volume produksi diperoleh bila volume produksi pohon sengon 185,680 m3, sedangkan volume produksi selama proses pengusahaan adalah 1.247,5 m3. Dengan demikian titik impas tercapai. Artinya usaha budidaya sengon menguntungkan.
B/C ratio = KEUNTUNGAN
BIAYA TOTAL
= Rp576.599.800,-
Rp 69.500.200,-
= 8,29 %
Benefit cost ratio adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui besaran keuntungan/kerugian serta kelayakan suatu proyek. Dalam hal ini Benefit cost ratio mempunyai nilai 8,29 % sehingga usaha ini layak dijalankan karena usaha ini dapat menguntungkan.

Proyeksi Pendapatan Jika Modal Di Dapat Dari Pinjam Bank
Jika saya melakukan usaha ini dengan meminjam modal dari bank, saya akan memilih meminjam uang di PD.BPR Bank daerah Pati yang terkenal memiliki bunga yang rendah, Jika saya meminjam uang sebesar Rp. 90.000.000,- dalam jangka waktu pengembalian 6 tahun, saya akan dikenai bunga sebesar 10,8 %. Angsuran hutang Bank dan biaya bunga tiap bulannya yaitu sebesar Rp. 2.060.000,-. Jadi selama 6 tahun, biaya yang harus saya keluarkan untuk membayar angsuran Bank dan bunganya yaitu sebesar Rp. 148.320.000,-
Proyeksi Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan –(Total Pengeluaran + Angsuran Bank dan Bunganya)
= Rp. 646.100.000 – (Rp. 69.500.200 + Rp. 148.320.000)
= Rp. 646.100.000 – Rp. 217.820.200
=Rp. 428.279.800,-
 Break Event Point (BEP)
• BEP Harga Produksi = Total Biaya Produksi
Jumlah kayu yang dijual(m3)
= Rp 217.820.200,-
1.247,5 m3
=Rp 174.605,-/m3
Titik impas harga produksi diperoleh bila harga jual sengon Rp 174.605,-/m3 dengan harga jual pohon sengon Rp.500.000,-/m3, maka titik impas tercapai. Artinya usaha penjualan usaha budidaya sengon menguntungkan.
BEP Volume Produksi =Total Biaya Produksi
Harga Jual kayu Sengon
= Rp 217.820.200,-
Rp 500.000,-/m3
= 435,640 m3
Titik impas volume produksi diperoleh bila volume produksi pohon sengon 435,640 m3, sedangkan volume produksi selama proses pengusahaan adalah 1.247,5 m3. Dengan demikian titik impas tercapai. Artinya usaha budidaya sengon menguntungkan.
B/C ratio = KEUNTUNGAN
BIAYA TOTAL
= Rp576.599.800,-
Rp. 217.820.200
= 2,64 %
Benefit cost ratio adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui besaran keuntungan/kerugian serta kelayakan suatu proyek. Dalam hal ini meskipun modal awal didapat dari pinjam Bank , Benefit cost rationya masih mempunyai nilai 8,29 % sehingga usaha ini layak dijalankan karena usaha ini dapat menguntungkan.

ANALISA KELAYAKAN USAHA DENGAN SISTEM PERBANDINGAN

Perbandingan Modal Jika Di Tabung DI Bank Dengan Modal Yang Dipergunakan Untuk Usaha
Jika saya memiliki uang sebesar Rp. 90.000.000,- kemudian saya depositokan di Bank dengan jangka waktu 6 tahun, maka saya akan mendapatkan bunga sebesar 8 % per bulan, dengan ketentuan pengambilan bunga bisa dilakukan 1 tahun sekali pada akhir periode. Bunga yang saya terima tiap bulannya yaitu sebesar Rp. 480.000,-. Jadi total hasil bunga selama 6 tahun sebesar Rp. 34.650.000,-. Maka jumlah uang saya setelah 6 tahun menjadi Rp. 124.650.000,-
SEDANGKAN
Jika saya memiliki uang sebesar Rp. 90.000.000,- kemudian saya pergunakan untuk usaha budidaya sengon, maka jumlah uang saya setelah 6 tahun yaitu sebesar Rp. 576.599.800,-
Dengan demikian usaha budidaya sengon ini layak untuk dijalankan.





VI. KESIMPULAN

1. Dalam menjalankan usaha budidaya sengon denan skala luasan 1 ha memiliki prospek yang bagus hal itu terlihat dari rencana laporan laba rugi rata-rata per tahun yang digambarkan dalam 6(enam) tahun kedepan.
Dalam 6(enam)Tahun Ke depan
NO TAHUN PENGELUARAN PENDAPATAN KEUNTUNGAN KETERANGAN
1 Tahun ke-1 41.651.000 Proses produksi
2 Tahun ke-2 21.851.000
3 Tahun ke-3 21.375.000 24.600.000
4 Tahun ke-4 21.375.000 44.000.000
5 Tahun ke-5 21.413.100
6 Tahun ke-6 31.905.100 577.500.000 576.599.800 Sengon sudah diproduksi
Jumlah 159.500.200 646.100.000 576.599.800 Sdh di potong PPN

Pengembalian modal dilakukan pada tahun ke-6 sesudah produksi.
Dari berbagai analisa usaha yang saya lakukan, jika modal didapat dari modal pribadi ataupun jika modal dari pinjaman, usaha ini tetap menguntungkan. Jadi Usaha Budidaya Sengon Ini Layak Untuk Dijalankan.


6 komentar:

  1. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya butuh dana kurang lebih 100jt untuk modal usaha proses kayu sengun

      Hapus

    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus